Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menguat signifikan dua hari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan kecurangan pemilu yang dilayangkan dua calon presiden lain serta jelang penetapan hasil KPU dan pengumuman suku bunga Bank Indonesia.

IHSG dibuka menguat 0,67% ke 7.158,237 dalam lima menit pertama perdagangan Rabu, 24 April 2024.

Sebanyak 193 saham tercatat menguat, 127 melemah dan 172 lainnya tercatat stagnan. Adapun total transaksi pada awal perdagangan mencapai Rp 1,15 triliun yang melibatkan 3 miliar saham dan ditransaksikan 86 ribu kali.

Penguatan hari ini melanjutkan reli yang telah terjadi kemarin, di mana kemarin IHSG menguat 0,52% menyambut positif hasil putusan MK yang memberikan sinyal stabilitas politik. Sebelumnya, IHSG sempat tertekan dalam pasca pembukaan kembali pasar usai libur panjang lebaran, salah satunya tertekan oleh pelemahan nilai tukar rupiah dan kondisi politik yang masih dinamis menanti sidang putusan MK.

Saham sektor perbankan tercatat menguat dan menjadi salah satu motor utama pergerakan IHSG pagi ini.

Saham konsumer, batu bara dan kelapa sawit juga terpantau mayoritas menguat, memberikan sinyal bahwa investor yakin Prabowo Subianto yang resmi menjadi presiden terpilih RI periode berikutnya dapat memberikan sentimen positif ke sektor tersebut.

Sementara itu, sebelum pasar modal domestik dibuka, bursa saham di kawasan Asia-Pasifik juga bergerak hijau sepertinya tertular Wall Street yang menguat semalam, seiring dengan tekanan indeks dolar AS yang turun dan hasil laporan keuangan sejumlah emiten melampaui ekspektasi.

Hari ini pelaku pasar akan berfokus menunggu hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia di tengah tren pelemahan rupiah. Sebagian pelaku pasar memperkirakan BI akan menaikkan suku bunga di tengah pelemahan nilai tukar tetapi sebagian melihat BI akan menahan suku bunga di level 6,00%.

Menarik diperhatikan juga terkait pandangan BI perihal kondisi rupiah yang terus melemah hingga menembus Rp16.200/US$. Pasar juga menantikan bagaimana intervensi BI guna menstabilkan rupiah di tengah banyaknya risiko eksternal.

Polling yang dihimpun oleh CNBC Indonesia Research dari 14 institusi menunjukkan sembilan di antaranya memproyeksi bahwa BI masih akan menahan suku bunga, tetapi lima di antaranya memproyeksikan BI akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) ke level 6,25%.

Sementara itu,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih Rabu pagi mulai pukul 10.00 WIB.

Sesuai ketentuan, penetapan pasangan presiden dan wakil presiden terpilih paling lambat tiga hari setelah pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai perselisihan hasil pemilu sesuai dengan Pasal 4 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2024.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Masih Menanjak, IHSG Bisa Tutup Tahun 2023 di 7.300-an?


(fsd/fsd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *