Jakarta, CNBC Indonesia – Pasar kripto cenderung naik hari ini Senin (6/5/2024) di tengah pasca investor untuk pertama kalinya mencatatkan net inflow dalam dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) bitcoin spot.

Merujuk dari CoinMarketCap pada hari ini pukul 06:31 WIB, pasar kripto cenderung menguat. Bitcoin naik 0,38% ke US$64.157,96 sementara secara mingguan berada di zona positif 2,01%.

Ethereum berada di zona positif 0,82% dalam 24 jam terakhir meskipun dalam sepekan cenderung turun 3,71%

Dogecoin mengalami apresiasi 0,52% secara harian dan secara mingguan terbang 9,38%.

Begitu pula dengan Toncoin yang berada di teritori hijau 3,22% dalam 24 jam terakhir dan dalam tujuh hari terakhir merangkak naik 9,46%.



CoinDesk Market Index (CMI) yang merupakan indeks untuk mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital naik 0,47% ke angka 2.536,59 Open interest terapresiasi 0,12% di angka US$56,13 miliar.

Sedangkan fear & greed index yang dilansir dari coinmarketcap.com menunjukkan angka 58 yang menunjukkan bahwa pasar berada di fase netral dengan kondisi ekonomi dan industri kripto saat ini.

Dikutip dari cointurk news, total nilai pasar mata uang kripto sekali lagi melampaui US$2,35 triliun. Dominasi pasar bitcoin telah meningkat menjadi 53,4% sementara volume perdagangannya menurun menjadi US$50 miliar.

Kita telah bertransisi dari masa ketika US$100 miliar dapat dengan mudah dilampaui setiap hari ke masa di mana investor lebih berhati-hati.

Banyak ahli yang meyakini bahwa fase konsolidasi ini dapat berlanjut selama berbulan-bulan. Kurangnya antusiasme di pasar tidak sejalan dengan siklus sebelumnya.

Di tengah konsolidasi yang terjadi belakangan ini, hal menarik terlihat bahwa investor mulai kembali melirik ETF bitcoin spot.

Grayscale Investments telah mencapai hari pertama arus masuk positif bersih untuk dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) GBTC. Hal ini terjadi setelah hampir empat bulan arus keluar terus menerus sejak konversinya menjadi ETF Bitcoin spot pada bulan Januari.

Pada tanggal 3 Mei, Bitcoin Trust (GBTC) Grayscale mencatat arus masuk bersih sebesar US$63 juta setelah mencatat arus keluar sekitar US$17,5 miliar sejak 11 spot Bitcoin ETF diluncurkan pada 11 Januari, menurut data awal Farside.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Bitcoin Ambruk Sentuh US$39.000-an, Kripto Kebakaran Berjamaah


(rev/rev)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *