Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia melaporkan suku bunga perbankan dalam posisi stabil, kendati era suku bunga tinggi masih bertahan untuk waktu yang lebih panjang. 

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa suku bunga deposito dan kredit per April 2024 masing-masing 4,59% dan 9,25%, relatif stabil dibandingkan dengan perkembangan bulan sebelumnya.

“Suku bunga perbankan tetap terjaga dipengaruhi memadainya likuiditas perbankan sejalan dengan bauran kebijakan BI sejalan dengan kebijakan KLM (Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial) dan dampak kebijakan transparansi SBDK,” katanya dalam konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur BI, Rabu (22/5/2024).

Adapun berdasarkan data BI, per Maret 2024, suku bunga kredit menurun, sedangkan bunga simpanan naik. Rata-rata tertimbang suku bunga kredit sebesar 9,25%, turun dibandingkan bulan sebelumnya 9,28%.

Pada periode yang sama bunga deposito tenor 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan masing-masing sebesar 5,69%, 5,83%, dan 3,94%. Bulan sebelumnya bunga deposito dengan tenor yang sama sebesar 5,67%, 5,80%, dan 3,81%.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


BI: Bunga Selangit, Kemampuan Bayar Utang Korporasi RI Tetap Kuat


(mkh/mkh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *